Selasa, 18 September 2012

TUGAS TIK Sejarah Evolusi

SEJARAH EVOLUSI KOMPUTER

A. Mechanical Computer
Blaise Pascal memulai dengan menciptakan mesin hitung pada 1642
Setelah itu sekitar 1820-an Charles Babbage membangun mesin analisis, dimana mesin tersebut memiliki memori, unit komputasi, serta input/output unit. Pada saat itu Ada Lovelace bekerja untuknya dan disebut sebagai Programmer pertama di dunia Model mesin Babbage terus dikembangkan dari tahun ke tahun.
Collosus, komputer pertama di dunia,
dikembangkan oleh Alan Turing (seorang matematikawan).
B. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer
ENIAC ini didesign oleh Mauchley dan Eckert dengan tujuan awal untuk melakukan kalkulasi di sebuah lab bernama Army Ballistic Laboratory. Mesin ini mampu mengeksekusi 5000 kalkulasi per detik. Komputer berberat 30 ton ini menggunakan tabung udara sebagai elemen dasarnya. Tugas pertamanya adalah membantu mendesain H-Bomb. Kebanyakan orang mengenal ENIAC sebagai komputer pertama di dunia.
C. Mesin von Neumann
IAS (1952) salah satu komputer yang dibangun olehnya memiliki beberapa dasar komponen dai komputer2 saat ini. Diantaranya memori utama (menyimpan data dan instruksi2), ALU (untuk pemrosesan data), control unit, serta input/output device. IAS memiliki 1000 memori dengan 40 bit masing-masingnya.
D. Komputer Masa Pra-transistor
UNIVAC 1. Sperry Rand Corporation, merupakan komputer pertama yang sukses dikomersilkan pada awal-awal tahun 1950-an. UNIVAC ll memiliki kapasitas memori yang lebih besar. UNIVAC 1100 series merupakan seri UNIVAC paling sukses, yang didesign untuk aplikasi-aplikasi sains.
E. Komputer Masa Pasca-transistor
Transistor sendiri dikembangkan di lab Bell pada tahun 1947. IBM menggunakan transistor di dalam komputernya. Transistor mampu menghasilkan kecepatan yang lebih baik, memori yang lebih besar, dan ukuran yang lebih kecil. Komputer generasi 2 dimulai dengan pemakaian transistor ini. Bahasa pemrograman tingkat tinggi (FORTRAN) dipakai saat itu.
F. Komputer Generasi 3
Komputer generasi 3 ditandai oleh adanya sirkuit yang terintegrasi. Transistor dan sirkuit device yang lain terpasang dalam satu chip saja. Produk-produk yang masuk generasi ini diantaranya IBM system 360, DEC PDP-8.
G. Microprocessor dan Nanoprocessor
Microprocessor pertama dikembangkan pada sebuah chip 4004 (Intel) untuk sebuah kalkulator. Setelah itu muncul komputer-komputer yang menggunakan teknologi ini.
Di Era Nano Teknologi ini, processor yang semakin kecil ukurannya menjadi semakin powerfull dalam memproses instruksi2. Saat ini banyak komputer yang sudah menggunakan teknologi Multi-core atau Multiprocessor.




untuk lebih lengkapnya silahkan anda download disini

0 komentar: